www.cimbniaga.co.id production

Pahami Apa Itu Buzzer, Fungsi, Cara Kerja, Hingga Dampaknya

 

“Dalam era digital ini, buzzer adalah istilah yang sering diperbincangkan. Ini fungsi, kualifikasi, cara kerja, dampak, hingga manfaat buzzer untuk bisnis.”

Buzzer adalah orang yang memiliki pengaruh tertentu yang mendorong perubahan opini dari masyarakat. Buzzer biasanya memiliki tarif jika ingin menggunakannya.

Keberadaan buzzer saat ini dapat memperkuat strategi digital marketing sebuah brand dengan menjangkau target audiens yang lebih luas dan menarik calon konsumen baru.

Anda bisa memanfaatkan fitur OCTO Pay dari CIMB Niaga sebagai sarana penerimaan uang jika menjadi seorang buzzer. Cukup isi nama lengkap, nomor HP, dan tanggal lahir, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk berbagai transaksi perbankan digital.

Apa Itu Buzzer?

Secara sederhana, buzzer adalah individu atau kelompok yang dibayar untuk menyebarkan informasi atau opini tertentu di media sosial. 

Buzzer adalah orang-orang yang biasanya menggunakan akun media sosial pribadi untuk membuat konten yang mendukung agenda tertentu.

Biasanya produk atau layanan yang dibahas oleh buzzer adalah keluaran terbaru dari suatu brand

Baca juga: 5 Jenis Strategi Digital Marketing yang Efektif

Fungsi Buzzer dalam Bisnis

Fungsi utama seorang buzzer adalah membuat postingan yang diunggahnya menjadi viral di media sosial.

Postingan seorang buzzer yang bisa menjangkau target audiens yang tepat akan meningkatkan brand awareness dan membuat produk lebih dikenal.

Intinya, buzzer adalah pihak yang berperan penting dalam mendongkrak efektivitas promosi suatu brand dengan memanfaatkan akun media sosialnya.

Kualifikasi Seorang Buzzer

Meskipun terlihat mudah dilakukan, menjadi buzzer profesional membutuhkan kualifikasi dan dedikasi yang tinggi. Kualifikasi seorang buzzer adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kemampuan analisis

    Kemampuan analisis produk seorang buzzer adalah bekal utama agar bisa menjadi penyampai informasi produk yang handal. 

    Buzzer yang cakap dalam menganalisis produk dapat menentukan topik konten yang tepat dan menarik bagi target konsumen. 

    Pemahaman mendalam tentang spesifikasi dan fitur produk pun menjadi kunci untuk menghasilkan konten yang informatif dan kredibel.

  2. Memiliki ide yang menarik

    Menjadi buzzer bukan hanya tentang mengikuti tren dan membuat konten yang viral. 

    Untuk menjadi buzzer yang sukses di era digital ini dibutuhkan ide konten yang orisinal dan kreatif yang dapat menarik perhatian audiens.

    Ide konten yang dimiliki seorang buzzer adalah ide yang harus mampu menjangkau audiens dalam waktu singkat dan menyampaikan pesan dengan jelas.

  3. Memiliki kemampuan soft selling

    Peran utama seorang buzzer adalah mempromosikan produk dengan strategi soft selling.

    Konten yang tidak berfokus pada penjualan langsung lebih menarik perhatian pengguna media sosial.

    Oleh karena itu, buzzer harus kreatif dalam membuat konten unik yang sesuai dengan citra merek produk atau layanan yang ditawarkan.

  4. Memiliki kemampuan copywriting dan content writing

    Kunci kesuksesan seorang buzzer adalah kemampuan menulis copy dan content dengan baik. 

    Buzzer yang menggunakan gaya penulisan persuasif, namun tidak memaksa, akan dapat menarik lebih banyak perhatian.

  5. Tidak ketinggalan tren

    Kurang inspirasi untuk konten promosi? Anda bisa menjelajahi tren di media sosial yang relevan dengan produk atau layanan. 

    Salah satu ide kreatifnya adalah membuat video menggunakan audio yang sedang viral agar bisa lebih banyak menjangkau audiens.

    Baca juga: Memahami Fungsi dan Tujuan Endorsement untuk Bisnis

Cara Kerja Buzzer

Buzzer membuat konten menarik dan persuasif, seperti postingan media sosial, untuk mempromosikan produk kepada target konsumen. 

Konten yang dibuat oleh buzzer adalah konten-konten yang biasanya berisi informasi dan ulasan terkait keunggulan produk yang dipromosikan.

Tidak hanya dalam bentuk teks, buzzer bisa membuat konten pemasaran berbentuk video yang diunggah di media sosial.

Dampak Positif dan Negatif Buzzer

Buzzer adalah profesi yang memiliki dampak positif dan dampak negatif, karena bisa mempengaruhi opini publik.

Dampak positif buzzer

Berikut ini beberapa dampak positif menjadi seorang buzzer yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Meningkatkan brand awareness

    Dampak positif seorang buzzer adalah dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu produk, brand, atau isu tertentu. 

    Melalui konten kreatif dan menarik, mereka dapat menjangkau khalayak yang luas dan mendorong brand awareness.

  • Membangun opini publik

    Buzzer dapat membantu membangun opini publik yang positif terhadap suatu produk, brand, atau isu tertentu. 

    Dengan memberikan ulasan dan testimoni yang positif, mereka dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

  • Meningkatkan engagement

    Dampak positif lain dari menjadi seorang buzzer adalah dapat meningkatkan engagement dengan audiens target dengan berinteraksi di media sosial. 

    Hal ini dapat membantu membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas merek.

    Namun, perlu diingat bahwa buzzer juga bisa memiliki dampak negatif bagi suatu bisnis.

Dampak negatif buzzer

Adapun beberapa dampak negatif menjadi seorang buzzer adalah sebagai berikut:

  • Penyebaran informasi yang salah

    Buzzer dapat digunakan untuk menyebarkan informasi yang salah atau menyesatkan tentang perusahaan atau pesaingnya. 

    Hal ini tentunya dapat merusak reputasi suatu merek dan berakibat fatal bagi sebuah perusahaan.

  • Manipulasi opini publik

    Seperti yang sudah diketahui bahwa salah satu fungsi seorang buzzer adalah menyampaikan opini untuk publik di sosial media.

    Namun, penggunaan buzzer juga dapat digunakan untuk memanipulasi opini publik tentang suatu produk, layanan, atau isu tertentu. 

    Hal ini dapat berbahaya bagi masyarakat dan berakibat negatif bagi perusahaan yang terlibat.

  • Biaya tinggi

    Mempekerjakan buzzer bisa memakan biaya yang mahal, terutama untuk influencer terkenal dengan pengikut yang banyak. 

    Biaya ini mungkin tidak sepadan dengan manfaat yang diperoleh, terutama bagi bisnis yang masih dalam skala kecil.

    Perusahaan harus menyadari dampak positif dan negatif dari penggunaan buzzer sebelum membuat keputusan untuk melibatkan buzzer dalam strategi pemasarannya.

Baca juga: Kembangkan Bisnis Jasa Digital Marketing dengan Cara Ini

Manfaat Buzzer untuk Promosi Bisnis

Berikut beberapa manfaat menggunakan buzzer dalam bisnis:

  1. Meningkatkan brand awareness

    Salah satu manfaat utama menggunakan buzzer adalah untuk meningkatkan brand awareness. 

    Ketika buzzer mempromosikan bisnis Anda kepada pengikutnya, maka bisnis Anda akan mendapatkan eksposur yang lebih luas. 

    Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bisnis Anda dan membuat mereka lebih mudah mengingat bisnis Anda.

  2. Meningkatkan penjualan

    Manfaat lain buzzer juga dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda.

    Seorang buzzer dapat melakukan ini dengan memberikan kode promo, menawarkan diskon, atau mengadakan giveaway.

    Saat melihat buzzer favorit mereka mempromosikan produk atau layanan, para pengikutnya akan cenderung tertarik untuk membelinya.

  3. Membangun reputasi brand

    Buzzer juga dapat membantu membangun reputasi brand Anda. Ketika buzzer memberikan ulasan positif tentang produk atau layanan Anda, maka hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand Anda.

  4. Menjangkau target audiens yang tepat

    Dengan menggunakan buzzer, bisnis dapat menjangkau target audiens yang tepat untuk produk atau layanan. 

    Anda dapat memilih buzzer yang memiliki pengikut yang sesuai dengan target audiens Anda.

  5. Meningkatkan engagement

    Buzzer dapat membantu meningkatkan engagement dengan pengikut Anda di media sosial. 

    Saat membuat konten yang menarik dan interaktif, maka pengikut buzzer akan lebih cenderung untuk like, comment, dan share konten tersebut.

    Jika digunakan dengan benar, buzzer adalah salah satu strategi pemasaran yang berharga untuk membantu bisnis mencapai tujuan.

Gunakan OCTO Pay CIMB Niaga

Sebagai seorang buzzer, Anda akan sering menerima pembayaran dari berbagai pihak. Mengelola banyak transaksi dari berbagai sumber dengan kini makin praktis dengan OCTO Pay CIMB Niaga.

OCTO Pay adalah layanan dompet digital dari CIMB Niaga yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan keuntungan, seperti:

  • Bebas biaya admin bulanan
  • Pembayaran mudah dengan QRIS
  • Kirim dan terima uang antar pengguna
  • Setor dan tarik tunai tanpa kartu
  • Bayar tagihan dan isi ulang pulsa

Jadi, tunggu apalagi? Daftar OCTO Pay sekarang melalui aplikasi OCTO Mobile dan nikmati kemudahan transaksi keuangan digital tanpa ribet!

Produk Terkait

OCTO Pay - Beneran tanpa biaya admin bulanan

OCTO Clicks

ATM Gallery CIMB Niaga, Mudahkan Transaksi Perbankan

Pergi ke manapun tidak perlu khawatir lagi kehabisan uang, karena ATM CIMB NIAGA selalu setia menemani Anda di manapun Anda berada. Tarik tunai di ribuan gerai mesin ATM (Automatic Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri) CIMB NIAGA atau Mesin Tarik Setor Tunai yang tersebar luas khusus untuk Anda. Membawa uang tunai dan tidak sempat pergi ke bank untuk menyetorkannya? Jangan khawatir karena Anda bisa memanfaatkan mesin CDM (Cash Deposit Machine/Mesin Setor Tunai) atau Mesin Tarik Setor Tunai yang bisa Anda temui di ATM Gallery CIMB NIAGA.

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!