www.cimbniaga.co.id production

Loyalitas Nasabah Tinggi, CIMB Niaga Raih Peringkat Terbaik dalam Survei Satisfaction, Loyalty & Engagement (SLE) 2023

05 Jan 2023

JAKARTA. Membuka lembaran tahun baru 2023 dengan optimis, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mencatat prestasi dengan berhasil menjadi pemenang dalam survei Satisfaction, Loyalty & Engagement (SLE) 2023 untuk kategori Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI) 3. Survei ini dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) bekerja sama dengan Majalah Infobank.

Bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini meraih overall skor 64,04%, dengan skor tertinggi di aspek loyalty dan engagement masing-masing sebesar 66,67% dan 75,88%. Untuk aspek satisfaction, CIMB Niaga unggul dari sisi ATM dan mobile banking, dengan skor masing-masing sebesar 79,82% dan 83,81%.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan dari seluruh nasabah dan masyarakat, sehingga kami dapat meraih hasil terbaik dalam survei SLE 2023. Tentunya apresiasi ini menjadi motivasi kami untuk terus berinovasi menyediakan produk, layanan, serta customer experience yang optimal bagi seluruh nasabah,” ujar Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan di Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Lani menambahkan, pencapaian ini sejalan dengan upaya CIMB Niaga untuk senantiasa memberikan yang terbaik kepada nasabah dan masyarakat melalui kampanye customer experience Anda #YangUtama. Inisiatif ini menekankan komitmen dan kesungguhan Bank dalam menjawab kebutuhan nasabah yang telah memberikan kepercayaan, waktu, dan feedback. Melalui kampanye ini, CIMB Niaga ingin membuat nasabah merasa dihargai, didengar harapannya, dan layak diperlakukan secara khusus di setiap customer journey bersama Bank.

Adapun dari segi digital, CIMB Niaga terus mengoptimalkan digital banking untuk memudahkan nasabah memenuhi kebutuhan perbankan, termasuk melalui digital super app OCTO Mobile. Dengan kapabilitas serta fitur lengkap dari OCTO Mobile, jumlah pengguna terus meningkat. Per 30 September 2022, OCTO Mobile telah memiliki 2,8 juta pengguna aktif. Jumlah transaksi yang dilakukan nasabah melalui OCTO Mobile juga terus meningkat, mencapai 139 juta transaksi, tumbuh sebesar 87,2% Year-on-Year.

“Sebagai salah satu pionir dalam pengembangan digital banking di Indonesia, kami memahami ekspektasi masyarakat yang semakin menginginkan layanan serba cepat dan praktis, termasuk untuk memenuhi kebutuhan perbankan. Oleh karenanya, kami terus mengintegrasikan berbagai produk dan layanan ke dalam OCTO Mobile, sehingga nasabah dapat melakukan beragam aktivitas finansial mulai dari menabung, bertransaksi, berinvestasi, hingga meminjam dana kapan saja dan di mana saja,” kata Lani.

Periode survei dilaksanakan pada rentang Oktober hingga Desember 2022 terhadap 1.437 responden di delapan kota dengan menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka. Seiring dengan jumlah pemakaian layanan digital channel yang terus meningkat, tahun ini survei SLE juga mengukur kepuasan nasabah terhadap mobile banking yang digunakan, serta experience dan emotion yang mereka rasakan ketika bertransaksi. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode intercept di area-area publik dan tempat keramaian untuk mendapatkan sampel responden pengguna mobile banking dari setiap bank sampel.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 September 2022, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.587 karyawan (konsolidasi), 418 kantor cabang, 4.383 ATM, serta 296.104 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,6 miliar per 30 September 2022. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Hery Kurniawan
Corporate Communications Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 
Website: www.cimbniaga.co.id