22 Feb 2025
BANDUNG. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus berkomitmen meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi generasi muda melalui berbagai program, sejalan dengan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terbaru, CIMB Niaga menyelenggarakan Tour de Bank (TDB) di Kantor Cabang CIMB Niaga Asia Afrika Bandung, Sabtu (22/2/2025).
Kegiatan edukasi keuangan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar pendidikan, disamping program Beasiswa CIMB Niaga. Acara diikuti oleh 250 siswa Sekolah Dasar (SD) dari lima sekolah di Bandung dengan tujuan menanamkan kebiasaan menabung sejak dini, serta memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam mengenal dunia perbankan.
Melalui Tour de Bank, CIMB Niaga memberikan pengalaman nyata bagi para siswa dalam memahami fungsi perbankan, mulai dari layanan teller, customer service, hingga penggunaan ATM. Dengan pendekatan interaktif ini, CIMB Niaga berharap para siswa lebih termotivasi untuk menabung dan mengelola keuangan secara lebih baik.
Sejak 2011, CIMB Niaga konsisten menjalankan berbagai program literasi keuangan di sekolah. Selain Tour de Bank untuk siswa SD, CIMB Niaga juga memiliki program Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) untuk siswa SMP dan SMA serta Webinar Guru bagi tenaga pendidik. Hingga 2024, program-program literasi keuangan tersebut telah menjangkau 22.370 siswa SD di 404 sekolah di 47 kota (TDB) serta 74.369 siswa SMP dan SMA di 631 sekolah di 68 kota (AMDB).
Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyampaikan pentingnya edukasi keuangan bagi pelajar dalam membentuk kebiasaan finansial yang sehat sejak belia. “CIMB Niaga ingin menjadi bagian dari solusi dalam meningkatkan pemahaman keuangan masyarakat, termasuk para pelajar. Dengan edukasi yang tepat, masyarakat dapat lebih bijak dalam mengelola keuangan dan memanfaatkan layanan perbankan sesuai kebutuhannya,” kata Fransiska pada acara Tour De Bank di Bandung, Sabtu (22/2/2025).
Bandung menjadi kota kedua dalam rangkaian 12 kota pelaksanaan Tour de Bank 2025, setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di Purwakarta. Adapun kota lain yang akan menjadi lokasi kegiatan ini antara lain Pekalongan, Yogyakarta, Jakarta, Pontianak, Kendari, Surabaya, Kediri, Lampung, dan Medan.
Selain sejalan dengan program GENCARKAN, program Tour de Bank juga mendukung program KEJAR (Satu Rekening Satu Pelajar) untuk memperluas inklusi keuangan. Karena itu, dalam kegiatan tersebut CIMB Niaga juga memfasilitasi pembukaan rekening tabungan bagi para peserta. Untuk mendorong para siswa agar lebih terbiasa dalam menabung, tahun ini CIMB Niaga juga meluncurkan kompetisi Gemar Menabung yang memberikan hadiah tabungan untuk siswa yang paling konsisten dalam menyimpan dananya di CIMB Niaga.
Tentang CIMB Niaga
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga; IDX: BNGA) adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Selama hampir tujuh dekade, CIMB Niaga hadir melayani masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah. Layanan ini meliputi segmen Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking, yang didukung dengan kapabilitas Treasury dan Capital Market. Untuk memudahkan kebutuhan transaksi digital nasabah, CIMB Niaga terus menghadirkan solusi digital banking terdepan melalui inovasi digital OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, serta kantor cabang modern Digital Lounge dan Digital Branch.
Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan menjadi mitra terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat di Indonesia dalam mewujudkan aspirasinya. Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan, dengan mengusung inisiatif #SekarangUntukMasaDepan. Untuk mendukung inklusi keuangan termasuk di Indonesia Timur, CIMB Niaga juga aktif melakukan pemberdayaan masyarakat melalui CommunityLink #JadiBerkelanjutan.
Dengan semangat Work From Heart, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Desember 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.004 karyawan (konsolidasi), 407 kantor cabang dan jaringan (termasuk 38 Digital Lounge), 3.265 ATM, serta 634.948 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:
Hery Kurniawan
Corporate Communications Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: (021) 2700555
Website: www.cimbniaga.co.id