09 Des 2024
Dorong inovasi dan partisipasi aktif nasabah dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang terjadi di masyarakat
JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menggelar kompetisi ide sosial Community Link#JadiNyata 2024 untuk mendorong inovasi dan partisipasi aktif masyarakat umum dalam mengatasi permasalahan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Program yang digiatkan sejak 2018 ini terus mendapat sambutan positif masyarakat dengan jumlah peserta yang terus meningkat. Tahun ini, CIMB Niaga menerima 528 ide sosial dari berbagai bidang, naik 30% dari 405 pendaftar tahun sebelumnya.
Setelah melalui berbagai tahap penilaian oleh CIMB Niaga dan tenaga ahli independen yaitu Direktur Business Incubator The Greater Hub Dr. Dina Dellyana, MBA, CBAP dan Chief of Community Development & Partnership Krealogi Hannah Keraf, diumumkan 3 (tiga) ide sosial sebagai pemenang. Mereka adalah Arka Irfani dari Bandung dengan ide Bell Living Lab, Cahyo Febri Wijaksono dari Surabaya yang mengangkat inovasi berupa Metasekerta, dan Siti Nurul Adhimiyati dari Bali yang mengusung ide Decoco Luminer.
Selanjutnya, tiga pemenang Community Link #JadiNyata 2024 akan memperoleh bantuan pendanaan dan pendampingan usaha oleh tenaga ahli selama setahun untuk merealisasikan ide sosialnya. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan mentoring dan coaching secara berkala, sehingga diharapkan pemenang bisa mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan menemukan solusinya.
Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyatakan, Community Link#JadiNyata 2024 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan sebagai wujud konsistensi CIMB Niaga dalam berperan aktif membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat. Program ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan No.8 yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua.
“Selamat berkolaborasi bersama CIMB Niaga untuk tiga pemenang ide sosial terbaik dan terima kasih untuk seluruh peserta yang berpartisipasi mengirimkan ide sosialnya. Program ini bukan sekadar kompetisi, lebih dari itu merupakan upaya bersama untuk turut berkontribusi membangun bangsa melalui bidang kewirausahaan sosial. Kami optimis program ini membawa dampak positif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Fransiska di Jakarta, Senin (9/12/2024).
Seperti diketahui, sejak 2018 hingga 2024, Program Community Link #JadiNyata telah melahirkan 21 pemenang terbaik yang mengusung beragam ide sosial inovatif. Dengan dukungan CIMB Niaga, sebagian besar pemenang telah berhasil mewujudkan dan mengembangkan ide sosialnya sehingga membawa dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat di sekitarnya.
Profil 3 Ide Sosial Terbaik 2024
Arka Irfani (Bell Living Lab)
Program Bell Living Lab berupaya mengatasi permasalahan limbah dari industri kopi. Melalui ide sosial ini, Arka Irfani mengembangkan alat produksi biochar sebagai bagian dari upaya mentransformasi limbah kulit kopi dari kelompok tani di Cilengkrang, Kabupaten Bandung, menjadi berbagai furnitur berkelanjutan. Program ini bisa mengurangi limbah sekaligus memberdayakan masyarakat kelompok tani kopi.
Cahyo Febri Wijaksono (Metasekerta)
Inovasi Metasekerta berupaya mengembangkan action-adventure game bertema kesenian Wayang Wong untuk mengoptimalkan Culture-Based Learning. Game ini menjawab permasalahan masih kurang relevannya media dan aktivitas pembelajaran budaya yang selama ini digunakan di sekolah. Dengan menggunakan teknologi digital terkini yang dikembangkan, diharapkan pembelajaran berbasis budaya semakin efektif dan diminati generasi muda.
Siti Nurul Adhimiyati (Decoco Luminer)
Decoco Luminer merupakan inovasi lampu ramah lingkungan dari batok kelapa dengan memanfaatkan panel surya. Program yang dikelola Siti Nurul Adhimiyati ini memberdayakan pengrajin lokal di Desa Tampaksiring, Bali, dengan meningkatkan nilai ekonomi limbah batok kelapa. Selain itu, inovasi ini mendukung keberlanjutan dengan memanfaatkan sumber energi untuk pencahayaan dari panel surya.
Tentang CIMB Niaga
CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.
Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Work From Heart, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 September 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.959 karyawan (konsolidasi), 404 kantor cabang dan jaringan (termasuk 36 digital lounges), 3.405 ATM, serta 598.334 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD20,9 miliar per 30 September 2024. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.
Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:
Hery Kurniawan
Corporate Communications Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: (021) 2700555
Website: www.cimbniaga.co.id