www.cimbniaga.co.id production

CIMB Niaga Optimalkan Layanan Digital Banking pada Libur Idulfitri 1445 H

05 Apr 2024

JAKARTA. Untuk mendukung kelancaran aktivitas perbankan nasabah selama periode libur Idulfitri 1445 H, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengoptimalkan layanan melalui fasilitas digital banking yang lengkap. Hal ini dimaksudkan sebagai alternatif saat layanan Kantor Cabang tidak beroperasi pada 8-15 April 2024. Dengan layanan tersebut, nasabah tetap dapat menikmati kemudahan bertransaksi perbankan dari mana saja dan kapan saja.

Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung menyatakan, kemudahan layanan digital CIMB Niaga dapat dinikmati nasabah melalui berbagai channel seperti aplikasi digital banking OCTO Mobile, internet banking OCTO Clicks, ATM, Mesin Tarik Setor Tunai, CDM, EDC, dan Digital Lounge. Adapun bagi nasabah korporasi, CIMB Niaga menyediakan layanan perbankan melalui internet banking BizChannel@CIMB dan mobile banking BizChannel@CIMB Mobile. Selain itu, nasabah juga dapat melakukan beragam transaksi finansial dan non-financial di luar jam operasional kantor cabang di sejumlah Digital Branch, khususnya Digital Branch Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara dan Canggu Bali, melalui fasilitas Video Banking.

“Kami memahami layanan perbankan kini telah menjadi kebutuhan utama untuk menunjang berbagai aktivitas masyarakat. Karena itu, kami memastikan selama libur Idulfitri ini nasabah tetap dapat memanfaatkan layanan optimal melalui digital banking CIMB Niaga. Untuk kebutuhan transaksi perbankan, nasabah bisa memanfaatkan fitur-fitur lengkap dari OCTO Mobile yang kini semakin nyaman digunakan,” kata Budiman di Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Melalui OCTO Mobile, beragam aktivitas nasabah di bulan suci hingga hari raya akan mendapat dukungan prima. Misalnya, untuk menyempurnakan Ibadah Puasa Ramadan, nasabah bisa membayar zakat, infak, sedekah (ZIS) dari OCTO Mobile pakai fitur Zakat dan Kebajikan yang terhubung dengan  Lembaga Amil Zakat (LAZ) terpercaya. Donasi akan disalurkan LAZ kepada masyarakat yang membutuhkan (mustahik).

Nasabah yang ingin berbagi THR atau hadiah Lebaran secara cashless dapat memanfaatkan menu Transfer/Top-Up e-Wallet di OCTO Mobile. Menariknya, nasabah dapat membagikan bukti transaksi dengan tema personal ucapan Idulfitri sehingga semakin menambah kehangatan suasana Lebaran.

Untuk kebutuhan transportasi seperti pembelian tiket pesawat bagi nasabah yang akan mudik ke kampung halaman atau liburan dapat memanfaatkan fitur Travel Concierge. Adapun untuk belanja, fitur QRIS dengan sumber dana lengkap (tabungan, kartu kredit, OCTO Pay (e-money) juga siap menjadi solusi transaksi di semua merchant yang terhubung dengan QRIS.

Sementara itu, khusus bagi nasabah yang bepergian ke luar negeri, kini juga bisa bertransaksi menggunakan Kartu Debit CIMB Niaga tanpa tambahan exchange rate, cukup menghubungkan kartu debit dengan rekening mata uang asing negara tujuan yang dimiliki lewat OCTO Mobile. Nasabah yang belum memiliki rekening valas dapat membuka tabungan Xtra Savers Valas di OCTO Mobile yang menyediakan 14 pilihan mata uang asing. Agar liburan luar negeri makin praktis, nasabah juga bisa bayar belanja pakai fitur QRIS OCTO Mobile yang dapat digunakan di Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Bagi nasabah yang ingin mengoptimalkan THR atau dana yang dimiliki untuk investasi, OCTO Mobile sebagai aplikasi digital wealth memiliki fitur dan produk lengkap untuk investasi dengan pilihan lebih dari 70 produk reksa dana dan lebih dari 60 pilihan obligasi pemerintah (SBN Retail dan pasar sekunder), serta instrumen investasi lainnya. Tersedia juga produk Deposito Berjangka maupun Tabungan Goal Savers untuk mewujudkan rencana keuangan nasabah.

“Untuk kebutuhan uang tunai, kami memastikan ketersediaan dan kesiapannya melalui jaringan mesin ATM, Mesin Tarik Setor Tunai, dan CDM CIMB Niaga yang tersebar di berbagai tempat publik, termasuk di rest area bagi nasabah yang dalam perjalanan dan melintasi jalan tol,” kata Budiman.

Operasional kantor cabang

Terkait operasional kantor cabang pada libur Idulfitri (8-15 April 2024), Budiman menjelaskan bahwa seluruh kegiatan kantor cabang CIMB Niaga tidak beroperasi. Demikian juga layanan BI-RTGS, BI-SSSS, BI-ETP, dan SKNBI ditutup pada periode tersebut. Adapun layanan Digital Lounge yang tersebar di 28 mall berbagai kota di Indonesia tetap beroperasi sesuai jadwal.

Nasabah tetap dapat melakukan kegiatan operasional transfer dengan layanan BI-FAST melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, BizChannel@CIMB, BizChannel@CIMB Mobile, dan Gateway@CIMB (Direct) atau menggunakan transfer online secara real time untuk channel lainnya.

Adapun bagi nasabah yang memerlukan informasi atau penjelasan terkait layanan dan produk CIMB Niaga, juga dapat mengakses Layanan CIMB Niaga 14041. Layanan kantor cabang akan kembali beroperasi secara normal pada Selasa, 16 April 2024.

“Kami berharap, berbagai layanan yang kami berikan selama libur Lebaran dapat memberikan pengalaman perbankan yang memuaskan bagi nasabah. Kami mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Semoga momen kebersamaan di libur Lebaran ini dapat dinikmati penuh keberkahan, kehangatan, dan kedamaian,” ujar Budiman.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Desember 2023, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.060 karyawan (konsolidasi), 412 kantor cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounges), 3.893 ATM, serta 544.056 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD13,6 miliar per 31 Desember 2023. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Hery Kurniawan
Corporate Communications Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: (021) 2700555
Website: www.cimbniaga.co.id