www.cimbniaga.co.id production

CIMB Niaga Luncurkan Kartu Kredit Digital OCTO Card

22 Jun 2022

Gandeng tiga principal: JCB, Mastercard, dan Visa hadirkan transaksi yang praktis, menguntungkan, dan tanpa plastik

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan tiga principal yaitu PT JCB International Indonesia (JCB), PT Mastercard Indonesia (Mastercard), dan PT Visa Worldwide Indonesia (Visa) meluncurkan Kartu Kredit Digital OCTO Card di Jakarta, Rabu (22/6/2022). Kartu kredit yang menyasar para pengguna yang digital savvy dan berjiwa muda, menawarkan kemudahan proses pengajuan yang cepat secara online dan bisa langsung digunakan untuk bertransaksi.

Sebagai kartu kredit digital, OCTO Card terintegrasi di dalam Super App OCTO Mobile sehingga dapat menjadi solusi transaksi yang praktis dan aman. Nasabah bisa bertransaksi dengan nyaman, baik untuk belanja online di e-commerce maupun offline di berbagai merchant, cukup dengan sentuhan jari dari OCTO Mobile melalui fitur Scan QRIS tanpa perlu repot membawa kartu fisik atau bersentuhan dengan benda lain. Hal ini juga sejalan dengan inisiatif CIMB Niaga dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), salah satunya mengurangi penggunaan kartu berbahan plastik.

Menariknya, OCTO Card memberikan banyak keuntungan kepada para penggunanya. Di antaranya, cashback 10% untuk transaksi melalui Super App OCTO Mobile dan transaksi belanja online (kecuali hotel, airlines, serta tour & travel). Selain itu, pengguna juga tidak dikenakan biaya iuran tahunan dan bisa langsung mengubah transaksi ritel menjadi cicilan 0% dengan tenor 3 bulan melalui Super App OCTO Mobile.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi menyatakan, beragam keuntungan tersebut dipersembahkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat saat ini yang semakin terbiasa dengan pembayaran cashless dan contactless melalui ponsel. Selaras dengan ekspektasi masyarakat yang menginginkan layanan serba praktis, cepat, dan mudah.

“Kami memahami, pandemi telah mengakselerasi masyarakat ke dalam ekosistem pembayaran berbasis digital. Karena itu, CIMB Niaga terus berinovasi mengembangkan digital customer experience dengan mengintegrasikan berbagai produk dan layanan ke dalam Super App OCTO Mobile, sehingga memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansialnya. Terbaru, kami berinovasi menghadirkan Kartu Kredit Digital OCTO Card yang memberikan pengalaman bertransaksi digital komprehensif kepada para pengguna,” kata Noviady saat meluncurkan Kartu Kredit Digital OCTO Card di Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT JCB International Indonesia Takumi Takahashi mengatakan, “JCB Indonesia melihat tren di beberapa tahun belakang ini dan meningkatnya jumlah transaksi online khususnya di e-commerce. Kartu Kredit Digital OCTO Card dengan fitur-fitur utamanya adalah produk yang ideal untuk melakukan transaksi online”.

Sementara itu, Country Manager Indonesia Mastercard Navin Jain mengungkapkan, “Saat ini, konsumen melakukan perubahan yang cepat dan akan bertahan lama ke arah pola pikir digital. Hal ini terlihat dari kegiatan perbankan dan belanja daring yang lebih banyak dilakukan dibandingkan sebelumnya. Mastercard senang menjadi bagian dari peluncuran Kartu Kredit Digital OCTO Card, dan menyediakan pengalaman pembayaran yang aman dan nyaman bagi para pemegang kartu, baik secara daring atau luring, dan saat berada di dalam maupun luar negeri.” 

Adapun Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman menyatakan, “Semakin banyak konsumen di Indonesia yang melakukan pembayaran secara digital, termasuk dalam berbelanja melalui gadget mobile mereka karena kenyamanan, kecepatan, serta keamanannya. Menurut Visa Consumer Payment Attitudes Study[1] terbaru kami, lebih dari setengah konsumen di Indonesia menggunakan metode pembayaran ini beberapa kali tiap minggunya. Mayoritas konsumen juga memiliki aplikasi mobile banking, yang telah menjadi metode perbankan yang semakin banyak digunakan di Indonesia. Kami merasa senang dapat terus bersinergi dengan CIMB Niaga untuk melanjutkan edukasi dalam meningkatkan kesadaran serta penggunaan pembayaran dan perbankan digital di Indonesia. Selamat atas peluncuran Kartu Kredit Digital OCTO Card!”

[1] Studi Visa Consumer Payment Attitudes dilakukan oleh CLEAR M&C Saatchi pada bulan Agustus-September 2021 dengan tujuan memahami perilaku pembayaran konsumen terkait pembayaran digital, perbankan digital, dan masa depan perdagangan. Survei dilaksanakan melibatkan 1.000 konsumen di Indonesia, dengan demografi responden pria dan wanita umur 18-65 tahun dengan pendapatan bulanan minimal Rp3 juta.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 418 cabang. CIMB Niaga memiliki 11.841 karyawan (konsolidasi) per 31 Maret 2022.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Maret 2022, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,9 miliar.

Tentang JCB

JCB adalah merek pembayaran global utama dan penerbit dan pengakuisisi kartu kredit terkemuka di Jepang. JCB meluncurkan bisnis kartunya di Jepang pada tahun 1961 dan mulai berkembang di seluruh dunia pada tahun 1981. Jaringan penerimaannya mencakup sekitar 36 juta pedagang di seluruh dunia. Kartu JCB sekarang diterbitkan terutama di negara dan wilayah Asia, dengan lebih dari 140 juta anggota kartu. Sebagai bagian dari strategi pertumbuhan internasionalnya, JCB telah membentuk aliansi dengan ratusan bank dan lembaga keuangan terkemuka di dunia untuk meningkatkan cakupan pedagang dan basis anggota kartunya. Sebagai penyedia solusi pembayaran yang komprehensif, JCB berkomitmen untuk menyediakan layanan dan produk yang responsif dan berkualitas tinggi kepada semua pelanggan di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: www.global.jcb/en/

Tentang Mastercard (NYSE: MA) www.mastercard.com

Mastercard adalah sebuah perusahaan teknologi global dalam industri pembayaran. Misi kami adalah menghubungkan dan memperkuat ekonomi digital yang inklusif dan bermanfaat bagi semua orang di mana saja dengan membuat transaksi menjadi lebih aman, sederhana, cerdas, dan mudah diakses. Dengan menggunakan data dan jaringan yang aman, kemitraan, serta passion, inovasi-inovasi dan solusi-solusi kami membantu individu, lembaga keuangan, pemerintah, dan bisnis mewujudkan potensi terbesar mereka. Hasil kepatutan kami, atau DQ, mendorong budaya perusahaan dan semua yang kami lakukan di dalam dan di luar perusahaan. Dengan jaringan di lebih dari 210 negara dan wilayah, kami tengah membangun sebuah dunia yang berkelanjutan, yang membuka berbagai peluang tak ternilai bagi semua orang.

Tentang Visa

Visa (NYSE: V) adalah pemimpin dunia dalam pembayaran digital yang memfasilitasi transaksi antara konsumen, pedagang, lembaga keuangan, dan institusi pemerintah di lebih dari 200 negara dan wilayah. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, mudah, andal, dan aman, yang memungkinkan individu, pelaku usaha, dan perekonomian untuk terus berkembang. Kami meyakini bahwa ekonomi yang inklusif akan mampu memberdayakan semua orang di mana pun mereka berada. Kami juga meyakini bahwa akses merupakan fondasi utama untuk terus mendorong pergerakan uang di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Visa.com.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations and Reputation Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 
Website: www.cimbniaga.co.id