www.cimbniaga.co.id production

CIMB Niaga Laporkan Perolehan Keuangan Kuartal I 2024: Pertumbuhan Kuartalan Positif dengan Peningkatan Laba Sebelum Pajak Konsolidasi sebesar 7,8% Y-o-Y menjadi Rp2,2 Triliun

30 Apr 2024

Total kredit/pembiayaan naik 6,0% Y-o-Y menjadi Rp211,6 triliun, terutama kontribusi dari Usaha Kecil Menengah (+9,4% Y-o-Y) dan Perbankan Konsumer (+6,9% Y-o-Y)

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk ("CIMB Niaga" atau "Bank"; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun pada kuartal pertama 2024 ("1Q24"), naik sebesar 7,8% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp66,96.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, "Atas dukungan stakeholders khususnya para nasabah, kami dapat mengumumkan awal yang baik untuk tahun 2024. Pertumbuhan kredit/pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik menjadi dasar yang kuat bagi kami untuk terus memberikan nilai lebih, ditambah dengan manajemen biaya yang efektif dengan rasio biaya terhadap pendapatan ("Cost to Income Ratio - CIR") di bawah 45%. Pencapaian ini mencerminkan komitmen kami untuk terus memberikan profitabilitas yang berkelanjutan dan memperkuat keyakinan kami terhadap prospek positif untuk sisa tahun ini.”

“Perolehan kinerja di kuartal pertama 2024 merupakan wujud dari konsistensi kami terhadap strategi 5 pilar yang berfokus pada pertumbuhan profit yang berkelanjutan. Ke depan, kami akan terus menjalankan dedikasi kami dalam meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. Dengan memanfaatkan kemampuan digital, kami siap untuk menciptakan nilai jangka panjang sembari terus memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap kesejahteraan ekonomi Indonesia,” jelas Lani.

CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR”) masing-masing sebesar 24,5% dan 84,2%.

Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp333,0 triliun per 31 Maret 2024, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) meningkat menjadi Rp248,0 triliun (+3,3% Y-o-Y), menunjukkan rasio current account and savings account (CASA) yang baik sebesar 64,6%. Sementara itu, CASA tumbuh 8,9% Y-o-Y, sebagai hasil upaya Bank membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital CIMB Niaga.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,0% Y-o-Y menjadi Rp211,6 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada Usaha Kecil Menengah (“UKM”) yang naik 9,4% Y-o-Y dan Perbankan Konsumer yang tumbuh 6,9% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) yang meningkat sebesar 15,8% Y-o-Y.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga ("CIMB Niaga Syariah") berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp56,2 triliun (+15,4% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp50,6 triliun (+2,6% Y-o-Y) per 31 Maret 2024. Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.

“Selain itu, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya CIMB Niaga sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, CIMB Niaga juga meraih penghargaan sebagai The Best Sustainability-Linked Loan for Manufacturing dan The Best Green Loan for Utility di The Assets Triple A Awards,” tambah Lani.

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Pada kuartal I 2024, 94% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan OCTO Pay (e-money).

OCTO Mobile memimpin inisiatif digitalisasi, dengan menyajikan beragam kenyamanan perbankan dan kemampuan dalam menunjang transaksi, seperti BI-FAST dan Scan QRIS. Selain itu, OCTO Mobile juga menyediakan akses lengkap terhadap produk-produk wealth management, termasuk reksa dana dan obligasi (primer dan sekunder), serta deposito berjangka dengan imbal hasil yang kompetitif. Untuk menjawab permintaan yang terus meningkat dari industri travel yang sedang booming, OCTO Mobile kini mendukung pembukaan rekening digital dalam 14 mata uang asing.

Selain nilai tukar yang kompetitif*, nasabah juga dapat menggunakan rekening tersebut sebagai sumber dana untuk bertransaksi di luar negeri hanya dengan menggunakan kartu debit CIMB Niaga miliknya. OCTO Mobile juga menawarkan fitur pinjaman lengkap mulai dari kartu kredit, aplikasi untuk personal loan bagi nasabah terundang, hingga mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan tetap. Per 31 Maret 2024, OCTO Mobile melayani hampir 3,2 juta pengguna.

Sementara itu, OCTO Clicks sebagai internet banking difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan Top-Up. Per 31 Maret 2024, OCTO Clicks melayani hampir 1,9 juta pengguna. Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance ("CNAF") juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 407 cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounge). Per 31 Maret 2024, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.844 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 670.441 EDC, QR dan e-Commerce.

CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model terbaru kantor cabang berkonsep hybrid yaitu Digital Branch, yang memadukan konsep Cabang Konvensional dan Digital Lounge. Konsep ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga.

Bagikan Dividen Tunai 50% dari Laba Bersih 2023

Sebagai wujud komitmen Bank untuk senantiasa memberikan value dan wujud apresiasi bagi stakeholders khususnya para pemegang saham, CIMB Niaga membagikan dividen tunai sebesar Rp3,1 triliun, atau 50% dari laba bersih CIMB Niaga (bank only) tahun buku 2023. Adapun keputusan tersebut disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) CIMB Niaga yang dilakukan pada Rabu, 3 April 2024. Dividen tunai tersebut akan dibayarkan selambatnya 30 hari kalender setelah keputusan RUPST berlaku.

Sebagai wujud terima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari nasabah, stakeholders, dan shareholders, Lani mengatakan, “Kami sangat menghargai kepercayaan yang diberikan kepada kami, sehingga dapat meraih kinerja positif. Kami berkomitmen untuk terus menciptakan nilai tambah yang maksimal bagi pemegang saham, dengan fokus strategi pada pertumbuhan bisnis yang profitable (profitable growth) dan berkelanjutan.”

Penghargaan

Pada periode yang berakhir 31 Maret 2024, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk:

  1. Triple A Awards 2024 sebagai The Best Sustainability-Linked Loan for Manufacturing dan The Best Green Loan for Utility dari The Asset
  2. JCB Indonesia Awards 2024 sebagai The Best Best Issuing Total Sales Volume in Indonesia 2023, The Best Issuing Sales Volume in Southeast Asian Countries 2023 & The Best Growth Number of Cards Circulation in Indonesia 2023 dari JCB Indonesia
  3. 4th Anniversary Indonesia’s Top 20 Syariah Awards 2024 sebagai Top Sharia Business Unit dari Kategori Bank dari The Iconomics
  4. Sustainability Communications Awards sebagai The Excellent Sustainable Communication Company in Financial Sector dari Nusantara TV
  5. Indonesia Public Relations Awards 2024 sebagai The Best Public Relations in Providing Comprehensive Product & Service to Enhance Customer Experience dari Warta Ekonomi
  6. Indonesia Excellence GCG Awards 2024 sebagai GCG Innovation for Better Implementation in Business Ethics and Sustainability dari Warta Ekonomi
  7. Fortune Indonesia Change The World sebagai Green Financing dari Fortune Indonesia
  8. 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024 dari Majalah Infobank, sebagai: The Best Credit Card KBMI 3, The Best e-Money Bank 2024 KBMI 3, The 2nd Best Deposito KBMI 3, The 2nd Best KPR KBMI 3, The 2nd Best Bank Savings KBMI 3, The 2nd Best Internet Banking KBMI 3
  9. BAZNAS Awards 2024 sebagai The Best Zakat Payment Services Provider Bank 2024

*Tersedia di OCTO Mobile pada hari kerja pukul 09.00 s/d 15.00 WIB

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Maret 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.000 karyawan (konsolidasi), 407 kantor cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounges), 3.844 ATM, serta 670.441 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,0 miliar per 31 Maret 2024. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Hery Kurniawan
Corporate Communications Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: (021) 2700555
Website: www.cimbniaga.co.id