www.cimbniaga.co.id production

Informasi Pengakhiran Kerja Sama dan Pengalihan Kartu Kredit/Kartu Syariah CIMB Niaga

Efektif tanggal 1 Januari 2025, CIMB Niaga bekerja sama dengan PT Mastercard Indonesia (“Mastercard”) sebagai prinsipal terpilih untuk Kartu Kredit dan Kartu Syariah. Sehubungan dengan hal tersebut, Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB yang telah beredar akan dialihkan secara bertahap menjadi Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard:

Proses peralihan kartu akan dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

Proses Segmen/Kategori Customer Kondisi Kartu Periode
Pergantian Tipe Kartu Atau re-carding Nasabah belum memiliki Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo Mastercard dalam 1 kategori produk (sesuai table di bawah) Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo Visa dan JCB masih dalam keadaan aktif (tidak terblokir secara permanent) Mulai 1 Maret 2025, untuk kategori berikut akan menerima Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard
  1. Semua kartu yang sudah habis masa berlakunya.
  2. Kartu-kartu yang masuk dalam jadwal pergantian kartu oleh Bank (akan dikirimkan pemberitahuan 30 hari kerja melalui Email, SMS, dan WA terlebih dahulu) 
Pemindahan Total Saldo Penggunaan Kartu (Balance) atau Transfer Balance Nasabah sudah memiliki Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo Mastercard dalam 1 kategori produk (sesuai table di bawah)
  1. Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo Visa dan JCB masih dalam keadaan aktif (tidak terblokir secara permanent)
  2. Kartu Kredit / Kartu Syariah tujuan berlogo Mastercard dalam kedaan aktif (tidak terblokir)
Mulai 1 Maret 2025, Bank akan melakukan penjadwalan pemindahan total saldo penggunaan (balance) dari Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Visa dan JCB, kemudian dilakukan pe-nonaktifan Kartu Kredit berlogo Visa dan JCB (akan dikirimkan pemberitahuan 30 hari kerja dan 5 hari kerja melalui Email, SMS, dan WA terlebih dahulu)
  1. Apabila Nasabah belum memiliki Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard, Kartu baru berlogo Mastercard akan dikirimkan secara bertahap mulai 1 Maret 2025. Tanpa mengurangi kenyamanan bertransaksi, Nasabah tetap dapat bertransaksi dengan menggunakan Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB hingga kartu pengganti berlogo Mastercard diterima dan diaktifkan atau Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB Nasabah telah habis masa berlakunya.
  2. Apabila Nasabah telah memiliki Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard, total saldo penggunaan kartu (balance) Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB akan dipindahkan ke Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard. Proses pemindahan total balance dari Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB ke Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo Mastercard akan dilakukan sesuai kategori produk yang tertera pada tabel dibawah, secara bertahap mulai Maret 2025 dan Bank akan mengirimkan informasi melalui email/SMS/WA terkait proses transfer balance 30 hari kerja sebelumnya dan kemudian sebelum melakukan proses transfer balance maka Bank akan menginformasikan kembali ke nasabah paling lambat 5 (lima) hari kerja sebelum proses pemindahan total balance dilakukan. Setelah proses pemindahan total balance berhasil dilakukan, maka Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB akan dinonaktifkan.

Pemetaan produk berlogo VISA dan JCB ke produk berlogo Mastercard berlaku untuk proses pergantian Kartu Kredit/Kartu Syariah maupun pemindahan total balance Kartu Kredit/Kartu Syariah:

Kategori Jenis Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB yang Anda miliki Jenis Kartu Kredit / Kartu Syariah Tujuan berlogo Mastercard
Premium Konvensional

JCB Ultimate

Visa Infinite

Visa Preferred Infinite

Mastercard World

Premium Syariah

Visa Preferred Infinite Syariah

Kartu Premium Syariah (coming soon)
Mass / Mass – Affluent Konvensional

JCB Precious

Visa Travel Card

Mastercard Platinum

JCB Platinum

Visa Gold

Visa Classic

Visa Wave n Go

Mastercard Platinum

ATAU

Mastercard Gold

Digital

Visa OCTO Card (Kartu Digital)

JCB OCTO Card (Kartu Digital)

Mastercard OCTO Card (Kartu Digital)

  • Jika dalam Kategori produk yang sama (sesuai dengan tabel di atas) nasabah memiliki lebih dari 1 tipe Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB, maka nasabah akan mendapatkan 1 tipe Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard. (Contoh jika nasabah memiliki Visa Travel Card dan JCB Precious, maka nasabah hanya akan mendapatkan 1 Kartu Kredit Mastercard Platinum).
  • Poin Xtra dari Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB nasabah tidak akan hilang atau terpotong, Poin Xtra tersebut masih dapat ditukarkan dengan skema penukaran yang berlaku (selama Poin Xtra belum expired).
  • Mohon pastikan nasabah melakukan pengkinian data jika ada perubahan pada alamat pengiriman kartu. Pengkinian data dapat dilakukan dengan menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 atau Preferred Assistant 1500800 untuk Kartu Premium/Premium Syariah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai manfaat dari Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard dapat diakses di cimb.id/cc atau hubungi Layanan CIMB Niaga 14041. Untuk Kartu Premium/Premium Syariah dapat menghubungi Preferred Assistant 1500800. 

Apabila terdapat perubahan akan diinformasikan lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku.

  1. Mengapa kartu Visa/JCB saya diganti?
Hal ini dilakukan berdasarkan pada kebijakan internal CIMB Niaga. Bank tetap berkomitmen memberikan kenyamanan bertransaksi untuk seluruh pemegang kartu dan akan tetap menawarkan manfaat Kartu Kredit/Kartu Syariah yang kompetitif.
  1. Apakah Bank masih menawarkan produk kartu Visa/JCB?
Bank sudah tidak lagi menawarkan kartu Visa/JCB
  1. Bagaimana proses peralihannya setelah produk Visa/JCB dihentikan?
Silakan dapat mengacu pada informasi yang tertera pada tabel konversi di atas
  1. Apabila saya memiliki kartu berlogo Visa dan JCB pada segmen yang sama, apakah saya akan menerima 2 kartu berlogo Mastercard?
Sesuai informasi di atas, Anda hanya akan menerima satu (1) kartu berlogo Mastercard baru hasil peralihan dari salah satu kartu Anda, kemudian outstanding balance dari kartu lainnya akan dipindahkan ke satu kartu berlogo Mastercard tersebut
  1. Apabila saya memiliki kartu Visa dan JCB serta Mastercard aktif pada segmen yang sama, apakah saya akan menerima kartu Mastercard yang baru?
Tidak. Outstanding balance di kartu berlogo Visa/JCB Anda akan dipindahkan ke satu kartu berlogo Mastercard yang sudah Anda miliki
  1. Apakah proses konversi ini berlaku untuk seluruh nasabah?
Proses konversi ini hanya berlaku untuk seluruh nasabah pengguna kartu Visa/JCB
  1. Apabila saya memiliki kartu suplemen, apakah kartunya juga akan dikonversi ke Mastercard?
Ya, kartu suplemen Anda juga akan dikonversi ke kartu Mastercard
  1. Kapan saya akan mendapatkan notifikasi kartu Visa/JCB saya akan dikonversi?
Secara khusus, Anda akan mendapatkan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum kartu Anda dikonversi
  1. Kapan proses konversi ini akan berlangsung?
Proses konversi ini akan dimulai sejak bulan Maret 2025 dan Anda akan mendapatkan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum proses konversi
  1. Kapan kartu Mastercard yang baru akan saya terima?
Peralihan kartu Mastercard dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu 2025 – 2026. Anda akan menerima notifikasi 30 hari kerja sebelum kartu baru Anda dikirimkan.
  1. Bagaimana jika saya mau melakukan pengkinian data alamat saya untuk pengiriman kartu Mastercard yang baru?
Caranya mudah, Anda bisa segera menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 atau di +62 21 2997 8888 (untuk layanan nasabah di luar Indonesia)
  1. Apakah ada biaya yang dikenakan untuk proses konversi ini?
Anda tidak akan dikenakan biaya peralihan kartu (upgrade) apapun selama proses konversi ini berlangsung
  1. Bagaimana jika saya tidak ingin kartu saya diganti ke Mastercard?
Sesuai kebijakan Bank, kartu Anda akan diganti ke kartu berlogo Mastercard. Jika periode peralihan kartu sudah selesai, kartu berlogo Visa/JCB Anda akan dinonaktifkan oleh Bank dengan memberikan informasi berupa notifikasi melalui email, SMS & WhatsApp Official CIMB Niaga.
  1. Apa yang harus saya lakukan apabila saya tidak menerima kartu Mastercard saya di tanggal yang diinformasikan?
Anda dapat segera menghubungi layanan CIMB Niaga 14041 kami atau di +62 21 2997 8888 (untuk layanan nasabah di luar Indonesia) untuk memastikan data alamat pengiriman kartu Anda akurat/ terkini atau segera melakukan pengkinian data alamat pengiriman kartu Anda apabila ada perubahan. 
  1. Dimana saya bisa mempelajari informasi terkait program konversi ini lebih lanjut?
Silakan mengakses cimb.id/mastercard untuk informasi lebih lanjut terkait program konversi ini
  1. Apakah konversi ini akan mempengaruhi credit scoring saya?
Program konversi ini tidak akan mempengaruhi credit scoring Anda
  1. Apakah dalam proses konversi, saya bisa mengajukan untuk upgrade kartu tujuan peralihan saya?
Anda dapat mengajukan proses pembuatan kartu berlogo Mastercard yang Anda minati dengan menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 atau di +62 21 2997 8888 (untuk layanan nasabah di luar Indonesia) yang tersedia 
  1. Apakah saya bisa mengajukan agar proses konversi saya ditunda lebih lama?
  • Apabila kartu Anda expired dalam waktu 1- 2 bulan yang akan datang, maka proses konversi tidak dapat ditunda
  • Jika lebih dari 2 bulan, Anda dapat menghubungi layanan Layanan CIMB Niaga 14041 atau di +62 21 2997 8888 (untuk layanan nasabah di luar Indonesia) untuk melakukan pengajuan penundaan
  1. Apabila kartu Visa/JCB saya hilang selama proses konversi, apakah kartu pengganti yang dikirimkan akan sama?
Apabila kartu Anda hilang, maka untuk saat ini, kartu yang dikirimkan sebagai pengganti tetap kartu Visa/JCB
  Pengalihan/ Recarding Transfer Balance
  1. Item apa saja yang akan tetap sama dan otomatis pindah ke kartu Mastercard yang baru?
Seluruh item di kartu lama akan otomatis pindah ke kartu Mastercard, kecuali scheduled payment di OCTO Mobile dan fasilitas pembayaran tagihan rutin yang didaftarkan langsung ke merchant/biller dan tidak didaftarkan melalui Layanan CIMB Niaga 14041 atau Preferred Assistant 1500800
  1. Kapan saya harus mengaktifkan kartu berlogo Mastercard yang baru?
Anda diharapkan dapat segera mengaktifkan kartu berlogo Mastercard yang baru agar dapat menikmati fitur dan manfaat dari kartu baru Anda Kartu tujuan pemindahan saldo/ balance adalah kartu Mastercard yang sudah Anda miliki sebelumnya, sehingga Anda tidak perlu melakukan aktivasi kartu lagi
  1. Bagaimana saya mengatifkan kartu berlogo Mastercard yang baru?

Anda dapat melakukan aktivasi via:

  1. SMS ke 81418
  2. Layanan CIMB Niaga (14041 or 1500-800)
  3. OCTO Mobile
  4. OCTO Clicks
Kartu tujuan pemindahan saldo/ balance adalah kartu Mastercard yang sudah Anda miliki sebelumnya, sehingga Anda tidak perlu melakukan aktivasi kartu lagi
  1. Apakah saya masih bisa menggunakan kartu Visa/JCB setelah mengaktifkan kartu Mastercard yang baru?
Setelah kartu Mastercard Anda diaktifkan, Anda tidak lagi dapat menggunakan kartu Visa/JCB Anda  Setelah saldo/ balance Anda dipindahkan ke kartu Mastercard Anda, maka kartu Visa/JCB tidak dapat digunakan lagi 
  1. Kapan kartu Visa/JCB saya akan dinonaktifkan?

Kartu Visa/JCB Anda akan dinonaktifkan:

  1. Apabila Anda sudah melakukan aktivasi kartu Mastercard yang baru
  2. Sesuai kebijakan Bank, Bank dapat melakukan inisiatif untuk menonaktifkan kartu berlogo Visa/JCB Anda dengan pemberitahuan/ notifikasi, minimal 30 hari kerja sebelumnya.
  3. Apabila kartu VISA/ JCB Anda sudah expired
Kartu Visa/JCB Anda akan dinonaktifkan apabila proses pemindahan saldo/ balance ke kartu Mastercard sudah dilakukan

  1. Apa yang harus saya lakukan dengan kartu Visa/JCB saya setelah saya mengaktifkan kartu Mastercard yang baru?
Untuk kenyamanan Anda, sebelum membuang kartu Visa/JCB yang sudah tidak aktif, kami menyarankan untuk memotong/menggunting/merusak bagian penting pada kartu Visa/JCB Anda terlebih dahulu
  1. Apakah saya harus mengkoneksikan (link) kartu Mastercard baru dengan OCTO mobile?
Tidak perlu, karena kartu Mastercard Anda akan secara otomatis terkoneksi dengan OCTO Mobile yang sudah Anda miliki sebelumnya
  1. Apakah saya masih bisa melihat history transaksi dan laporan kartu Visa/JCB saya?
Anda bisa melihat history transaksi dan laporan kartu Visa/JCB di billing statement sebelumnya. Apabila dibutuhkan, Anda dapat mengajukan permintaan cetak ulang billing statement yang dibutuhkan dengan menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041
  1. Kapan Annual Fee dari kartu Mastercard yang baru berlaku?
Anda akan diberikan benefit free Annual Fee untuk 1 tahun pertama. Selanjutnya, akan dikenakan Annual Fee sesuai ketentuan dari kartu Visa/JCB Anda sebelumnya Mengikuti ketentuan kartu Mastercard yang sudah Anda miliki sebelumnya
  1. Bagaimana dengan fasilitas Credit Protector (CP) saya?
Fasilitas Credit Protector (CP) akan otomatis dipindahkan ke kartu Mastercard baru Anda
  1. Apabila kartu Visa/JCB Anda sebelumnya sudah ada CP dan di kartu Mastercard yang Anda miliki juga sudah ada fasilitas CP, maka secara otomatis fasilitas CP akan berpindah dan mengikuti fasilitas CP di kartu Mastercard
  2. Apabila kartu Visa/JCB Anda sebelumnya belum ada CP dan di kartu Mastercard yang Anda miliki sudah ada fasilitas CP, maka secara otomatis fasilitas CP akan mengikuti fasilitas CP di kartu Mastercard
  3. Apabila kartu Visa/JCB Anda sebelumnya sudah ada CP dan di kartu Mastercard yang Anda miliki belum ada fasilitas CP, maka Bank akan mengirimkan informasi kepada nasabah dalam waktu minimal 30 hari kerja sesuai ketentuan. Jika Anda tidak mengajukan keberatan, maka secara otomatis fasilitas CP akan berpindah ke kartu Mastercard
  1. Bagaimana dengan bunga dan biaya admin di kartu saya?
Ketentuan mengenai nominal bunga dan biaya admin akan mengikuti Mastercard yang Anda miliki sebelumnya
  1. Kartu saya terkoneksi dengan website merchant (cth: Tiket.com, Agoda, dll). Apa yang harus saya lakukan?
Mohon melakukan pengkinian data kartu Mastercard Anda pada website merchant terkait
  1. Saya memiliki tagihan utilitas yang didaftarkan melalui Call Centre Bank yang secara otomatis didebet dari kartu kredit saya setiap bulannya. Apa yang harus saya lakukan?
Tagihan utilitas yang otomatis didebet dari Kartu Kredit Visa/JCB dan didaftarkan melalui Call Centre Bank akan otomatis pindah ke kartu Mastercard Anda
  1. Saya memiliki tagihan untuk layanan berlangganan (cth: Spotify, Netflix, asuransi, gym, dll) yang secara otomatis didebet dari kartu kredit saya setiap bulannya. Apa yang harus saya lakukan? 
Mohon melakukan pengkinian data pada seluruh layanan berlangganan Anda menggunakan informasi kartu Mastercard Anda
  1. Saya memiliki fasilitas auto-debet setiap bulan. Apakah ada yang harus saya lakukan?

Apabila nasabah memiliki fasilitas auto-debet tabungan atau giro CIMB Niaga untuk membayar tagihan Kartu Kredit CIMB Niaga, maka Bank akan memindahkan fasilitas tersebut ke kartu tujuan peralihan

Apabila nasabah memiliki fasilitas auto-debet tabungan atau giro Bank lain untuk membayar tagihan Kartu Kredit CIMB Niaga, maka nasabah harus melakukan update atas fasilitas tersebut ke Bank yang bersangkutan

  1. Saya memiliki transaksi dispute, refund saya akan dikembalikan ke kartu yang mana?
Refund atas transaksi dispute akan dikembalikan ke kartu Mastercard baru Anda Refund atas transaksi dispute akan tetap dikembalikan ke kartu Visa/JCB Anda terlebih dahulu, kemudian akan dipindahkan ke kartu tujuan Mastercard yang Anda miliki. Anda tidak perlu melakukan apapun selama proses ini
  1. Apa yang akan terjadi dengan Outstanding Balance saya?
Outstanding Balance Anda akan otomatis dialihkan ke kartu Mastercard baru Anda Outstanding Balance Visa/JCB Anda akan dipindahkan ke kartu Mastercard yang sudah Anda miliki 
  1. Apa yang akan terjadi jika saya masih memiliki cicilan yang sedang berjalan?
Seluruh fasilitas cicilan Anda (nominal, tenor, bunga, dll) akan otomatis dialihkan ke kartu Mastercard baru Anda  Seluruh fasilitas cicilan Anda (nominal, tenor, bunga, dll) akan dipindahkan ke kartu Mastercard baru Anda
  1. Apakah saya bisa diinfokan keberadaan kartu saya yang sedang dalam proses pengiriman?
Anda akan menerima notifikasi sebelum dan saat kartu dikirimkan. Silakan menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 untuk menanyakan status pengiriman kartu Anda Tidak ada proses pengiriman kartu baru
  1. Apakah akan ada perbedaan PX earning rate?
Perolehan Poin Xtra akan mengikuti ketentuan yang berlaku pada masing-masing kartu. Apabila ada perubahan, Bank akan memberikan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum implementasi
  1. Apakah PX saya bisa ditransfer ke kartu Mastercard yang baru? Apakah itu akan mempengaruhi tanggal expired PX?

Pengalihan/ Recarding

PX Anda akan dialihkan ke kartu Mastercard yang baru dan akan berlaku sesuai dengan skema kartu Mastercard hingga masa berlaku PX Anda habis/ expired. Apabila ada perubahan, Bank akan memberikan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum implementasi

Transfer Balance

PX Anda tetap akan ada dan masih bisa ditukarkan dengan skema PX yang sama seperti di kartu Visa/JCB Anda sebelumnya hingga masa berlaku PX dari kartu Visa/JCB Anda habis/expired

  1. Apakah jumlah lounge visit akan diperbarui setelah proses konversi, atau per tanggal Annual Fee?
Ketentuan airport lounge akan mengikuti kebijakan Bank. Apabila ada perubahan, Bank akan memberikan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum implementasi.