Efektif tanggal 1 Januari 2025, CIMB Niaga bekerja sama dengan PT Mastercard Indonesia (“Mastercard”) sebagai prinsipal terpilih untuk Kartu Kredit dan Kartu Syariah. Sehubungan dengan hal tersebut, Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB yang telah beredar akan dialihkan secara bertahap menjadi Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard:
Proses peralihan kartu akan dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
Proses | Segmen/Kategori Customer | Kondisi Kartu | Periode |
Pergantian Tipe Kartu Atau re-carding | Nasabah belum memiliki Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo Mastercard dalam 1 kategori produk (sesuai table di bawah) | Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo Visa dan JCB masih dalam keadaan aktif (tidak terblokir secara permanent) | Mulai 1 Maret 2025, untuk kategori berikut akan menerima Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard
|
Pemindahan Total Saldo Penggunaan Kartu (Balance) atau Transfer Balance | Nasabah sudah memiliki Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo Mastercard dalam 1 kategori produk (sesuai table di bawah) |
|
Mulai 1 Maret 2025, Bank akan melakukan penjadwalan pemindahan total saldo penggunaan (balance) dari Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Visa dan JCB, kemudian dilakukan pe-nonaktifan Kartu Kredit berlogo Visa dan JCB (akan dikirimkan pemberitahuan 30 hari kerja dan 5 hari kerja melalui Email, SMS, dan WA terlebih dahulu) |
Pemetaan produk berlogo VISA dan JCB ke produk berlogo Mastercard berlaku untuk proses pergantian Kartu Kredit/Kartu Syariah maupun pemindahan total balance Kartu Kredit/Kartu Syariah:
Kategori | Jenis Kartu Kredit / Kartu Syariah berlogo VISA dan JCB yang Anda miliki | Jenis Kartu Kredit / Kartu Syariah Tujuan berlogo Mastercard |
Premium Konvensional | JCB Ultimate Visa Infinite Visa Preferred Infinite |
Mastercard World |
Premium Syariah | Visa Preferred Infinite Syariah |
Kartu Premium Syariah (coming soon) |
Mass / Mass – Affluent Konvensional | JCB Precious Visa Travel Card |
Mastercard Platinum |
JCB Platinum Visa Gold Visa Classic Visa Wave n Go |
Mastercard Platinum ATAU Mastercard Gold |
|
Digital | Visa OCTO Card (Kartu Digital) JCB OCTO Card (Kartu Digital) |
Mastercard OCTO Card (Kartu Digital) |
Untuk informasi lebih lanjut mengenai manfaat dari Kartu Kredit/Kartu Syariah berlogo Mastercard dapat diakses di cimb.id/cc atau hubungi Layanan CIMB Niaga 14041. Untuk Kartu Premium/Premium Syariah dapat menghubungi Preferred Assistant 1500800.
Apabila terdapat perubahan akan diinformasikan lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku.
|
Hal ini dilakukan berdasarkan pada kebijakan internal CIMB Niaga. Bank tetap berkomitmen memberikan kenyamanan bertransaksi untuk seluruh pemegang kartu dan akan tetap menawarkan manfaat Kartu Kredit/Kartu Syariah yang kompetitif. |
|
Bank sudah tidak lagi menawarkan kartu Visa/JCB |
|
Silakan dapat mengacu pada informasi yang tertera pada tabel konversi di atas |
|
Sesuai informasi di atas, Anda hanya akan menerima satu (1) kartu berlogo Mastercard baru hasil peralihan dari salah satu kartu Anda, kemudian outstanding balance dari kartu lainnya akan dipindahkan ke satu kartu berlogo Mastercard tersebut |
|
Tidak. Outstanding balance di kartu berlogo Visa/JCB Anda akan dipindahkan ke satu kartu berlogo Mastercard yang sudah Anda miliki |
|
Proses konversi ini hanya berlaku untuk seluruh nasabah pengguna kartu Visa/JCB |
|
Ya, kartu suplemen Anda juga akan dikonversi ke kartu Mastercard |
|
Secara khusus, Anda akan mendapatkan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum kartu Anda dikonversi |
|
Proses konversi ini akan dimulai sejak bulan Maret 2025 dan Anda akan mendapatkan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum proses konversi |
|
Peralihan kartu Mastercard dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu 2025 – 2026. Anda akan menerima notifikasi 30 hari kerja sebelum kartu baru Anda dikirimkan. |
|
Caranya mudah, Anda bisa segera menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 atau di +62 21 2997 8888 (untuk layanan nasabah di luar Indonesia) |
|
Anda tidak akan dikenakan biaya peralihan kartu (upgrade) apapun selama proses konversi ini berlangsung |
|
Sesuai kebijakan Bank, kartu Anda akan diganti ke kartu berlogo Mastercard. Jika periode peralihan kartu sudah selesai, kartu berlogo Visa/JCB Anda akan dinonaktifkan oleh Bank dengan memberikan informasi berupa notifikasi melalui email, SMS & WhatsApp Official CIMB Niaga. |
|
Anda dapat segera menghubungi layanan CIMB Niaga 14041 kami atau di +62 21 2997 8888 (untuk layanan nasabah di luar Indonesia) untuk memastikan data alamat pengiriman kartu Anda akurat/ terkini atau segera melakukan pengkinian data alamat pengiriman kartu Anda apabila ada perubahan. |
|
Silakan mengakses cimb.id/mastercard untuk informasi lebih lanjut terkait program konversi ini |
|
Program konversi ini tidak akan mempengaruhi credit scoring Anda |
|
Anda dapat mengajukan proses pembuatan kartu berlogo Mastercard yang Anda minati dengan menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 atau di +62 21 2997 8888 (untuk layanan nasabah di luar Indonesia) yang tersedia |
|
|
|
Apabila kartu Anda hilang, maka untuk saat ini, kartu yang dikirimkan sebagai pengganti tetap kartu Visa/JCB |
Pengalihan/ Recarding | Transfer Balance | |
|
Seluruh item di kartu lama akan otomatis pindah ke kartu Mastercard, kecuali scheduled payment di OCTO Mobile dan fasilitas pembayaran tagihan rutin yang didaftarkan langsung ke merchant/biller dan tidak didaftarkan melalui Layanan CIMB Niaga 14041 atau Preferred Assistant 1500800 | |
|
Anda diharapkan dapat segera mengaktifkan kartu berlogo Mastercard yang baru agar dapat menikmati fitur dan manfaat dari kartu baru Anda | Kartu tujuan pemindahan saldo/ balance adalah kartu Mastercard yang sudah Anda miliki sebelumnya, sehingga Anda tidak perlu melakukan aktivasi kartu lagi |
|
Anda dapat melakukan aktivasi via:
|
Kartu tujuan pemindahan saldo/ balance adalah kartu Mastercard yang sudah Anda miliki sebelumnya, sehingga Anda tidak perlu melakukan aktivasi kartu lagi |
|
Setelah kartu Mastercard Anda diaktifkan, Anda tidak lagi dapat menggunakan kartu Visa/JCB Anda | Setelah saldo/ balance Anda dipindahkan ke kartu Mastercard Anda, maka kartu Visa/JCB tidak dapat digunakan lagi |
|
Kartu Visa/JCB Anda akan dinonaktifkan:
|
Kartu Visa/JCB Anda akan dinonaktifkan apabila proses pemindahan saldo/ balance ke kartu Mastercard sudah dilakukan |
|
Untuk kenyamanan Anda, sebelum membuang kartu Visa/JCB yang sudah tidak aktif, kami menyarankan untuk memotong/menggunting/merusak bagian penting pada kartu Visa/JCB Anda terlebih dahulu | |
|
Tidak perlu, karena kartu Mastercard Anda akan secara otomatis terkoneksi dengan OCTO Mobile yang sudah Anda miliki sebelumnya | |
|
Anda bisa melihat history transaksi dan laporan kartu Visa/JCB di billing statement sebelumnya. Apabila dibutuhkan, Anda dapat mengajukan permintaan cetak ulang billing statement yang dibutuhkan dengan menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 | |
|
Anda akan diberikan benefit free Annual Fee untuk 1 tahun pertama. Selanjutnya, akan dikenakan Annual Fee sesuai ketentuan dari kartu Visa/JCB Anda sebelumnya | Mengikuti ketentuan kartu Mastercard yang sudah Anda miliki sebelumnya |
|
Fasilitas Credit Protector (CP) akan otomatis dipindahkan ke kartu Mastercard baru Anda |
|
|
Ketentuan mengenai nominal bunga dan biaya admin akan mengikuti Mastercard yang Anda miliki sebelumnya | |
|
Mohon melakukan pengkinian data kartu Mastercard Anda pada website merchant terkait | |
|
Tagihan utilitas yang otomatis didebet dari Kartu Kredit Visa/JCB dan didaftarkan melalui Call Centre Bank akan otomatis pindah ke kartu Mastercard Anda | |
|
Mohon melakukan pengkinian data pada seluruh layanan berlangganan Anda menggunakan informasi kartu Mastercard Anda | |
|
Apabila nasabah memiliki fasilitas auto-debet tabungan atau giro CIMB Niaga untuk membayar tagihan Kartu Kredit CIMB Niaga, maka Bank akan memindahkan fasilitas tersebut ke kartu tujuan peralihan Apabila nasabah memiliki fasilitas auto-debet tabungan atau giro Bank lain untuk membayar tagihan Kartu Kredit CIMB Niaga, maka nasabah harus melakukan update atas fasilitas tersebut ke Bank yang bersangkutan |
|
|
Refund atas transaksi dispute akan dikembalikan ke kartu Mastercard baru Anda | Refund atas transaksi dispute akan tetap dikembalikan ke kartu Visa/JCB Anda terlebih dahulu, kemudian akan dipindahkan ke kartu tujuan Mastercard yang Anda miliki. Anda tidak perlu melakukan apapun selama proses ini |
|
Outstanding Balance Anda akan otomatis dialihkan ke kartu Mastercard baru Anda | Outstanding Balance Visa/JCB Anda akan dipindahkan ke kartu Mastercard yang sudah Anda miliki |
|
Seluruh fasilitas cicilan Anda (nominal, tenor, bunga, dll) akan otomatis dialihkan ke kartu Mastercard baru Anda | Seluruh fasilitas cicilan Anda (nominal, tenor, bunga, dll) akan dipindahkan ke kartu Mastercard baru Anda |
|
Anda akan menerima notifikasi sebelum dan saat kartu dikirimkan. Silakan menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 untuk menanyakan status pengiriman kartu Anda | Tidak ada proses pengiriman kartu baru |
|
Perolehan Poin Xtra akan mengikuti ketentuan yang berlaku pada masing-masing kartu. Apabila ada perubahan, Bank akan memberikan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum implementasi | |
|
Pengalihan/ Recarding PX Anda akan dialihkan ke kartu Mastercard yang baru dan akan berlaku sesuai dengan skema kartu Mastercard hingga masa berlaku PX Anda habis/ expired. Apabila ada perubahan, Bank akan memberikan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum implementasi |
Transfer Balance PX Anda tetap akan ada dan masih bisa ditukarkan dengan skema PX yang sama seperti di kartu Visa/JCB Anda sebelumnya hingga masa berlaku PX dari kartu Visa/JCB Anda habis/expired |
|
Ketentuan airport lounge akan mengikuti kebijakan Bank. Apabila ada perubahan, Bank akan memberikan notifikasi selambat-lambatnya 30 hari kerja sebelum implementasi. |