www.cimbniaga.co.id production

Informasi Pengambilan Dokumen Jaminan Lunas

Pastikan kelengkapan persyaratan dokumen Anda untuk kelancaran pengambilan dokumen

  1. Untuk kemudahan proses pengambilan jaminan, Nasabah dapat menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 untuk membuat janji atau jadwal pengambilan melalui staff kami di Layanan CIMB Niaga 14041 (tekan No. Operator).
  2. SLA pengambilan dokumen adalah 5 Hari Kerja untuk pengambilan di area yang sama (Syarat & Ketentuan berlaku).

NASABAH

  1. Asli e-KTP/ Resi e-KTP, atau;
  2. Asli Passport dan KITAP/KITAS (Khusus WNA), atau;
  3. Asli SIM
  4. Materai Rp.10.000,- (2 lembar)

SURAT KUASA

  1. Asli Surat Kuasa Akta Notaril atau Asli Surat Kuasa bawah tangan standar Bank legalisir Notaris/PPAT untuk KPR
  2. Asli Surat Kuasa dibawah tangan Standar Bank untuk Nasabah KPM, Staff Loan, SKEP- Pensiun Loan, Agunan Bilyet Deposito dan Nasabah Segmen Non Retail
  3. Asli /copy legalisir e-KTP/Resi e-KTP/SIM/Passport Nasabah dan Kuasa Nasabah (sesuai data di surat kuasa) 
  4. Surat Kuasa akan dilakukan konfirmasi/Call Back ke Nasabah sesuai dengan Data kontak yang ada di system Bank CIMB Niaga atau Ke Notaris sesuai Cover Akta Notaril/kartu nama/surat keterangan Notaris
  5. Surat Kuasa harus mencatumkan klausula indemnity “menjamin dan membebaskan PT Bank CIMB Niaga, Tbk dari segala tuntutan dan tanggung jawab hukum dikemudian hari apabila Surat Kuasa ini tidak benar atau dibatalkan oleh Pengadilan yang berwenang”

SURAT KUASA NASABAH DOMISILI DI LUAR NEGERI

  1. Asli Surat Kuasa dibawah tangan standar Bank mendapat pengesahan dari Kedutaan Besar/Konsulat Jendral/ Kantor Perwakilan Republik Indonesia sesuai domisili Nasabah di luar Negeri atau Akta Notaril yang dilegalisir oleh lembaga yang berwenang di Negara domisili Nasabah/Pemilik agunan
  2. Copy e-KTP/Resi e-KTP/SIM/Passport Nasabah mendapat pengesahan dari Kedutaan Besar/Konsulat Jenderal/Kantor Perwakilan Republik Indonesia sesuai domisili Nasabah
  3. Asli e-KTP/Resi e-KTP/SIM/Passport Penerima Kuasa
  4. Tidak dilakukan callback

NASABAH MENINGGAL DUNIA / PEMILIK AGUNAN MENINGGAL DUNIA

  1. Asli Surat Keterangan Waris
    1. Penetapan Pengadilan Agama mengenai Ahli Waris atau;
    2. Surat Pernyataan yang dibuat oleh para Ahli Waris yang diregister/didaftarkan pada Pengadilan Negeri/Hakim Pengadilan Negeri setempat, atau;
    3. Akta Notaril yang memuat nama para Ahli Waris dan Nasabah (Pewaris) dengan terdapat klausula "Para ahli waris menjamin dan membebaskan Bank dari segala tuntutan dan tanggung jawab hukum dikemudian hari apabila keterangan waris ini tidak benar atau dibatalkan oleh Pengadilan"
    4. Dalam hal Akta Notaril tidak mencantumkan klausula indemnity kepada Bank maka secara terpisah dapat dilengkapi dengan Surat Pernyataan oleh para Ahli Waris yang mencatumkan klausula indemnity “Para Ahli Waris menjamin dan membebaskan PT Bank CIMB Niaga Tbk dari segala tuntutan dan tanggung jawab hukum dikemudian hari apabila Keterangan Waris ini tidak benar atau dibatalkan oleh Pengadilan yang berwenang karena adanya Ahli Waris lain yang menggugat sebagai Ahli Waris”
  2. Asli Surat Keterangan Waris (WNA)
    Surat Keterangan Waris yang diterbitkan oleh lembaga resmi Negara Nasabah (Pewaris) dan mendapatkan keabsahan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Negara tersebut
  3. Asli/copy legalisir e-KTP/Resi e-KTP/SIM/Passport Nasabah (jika ada) 
  4. Asli/copy legalisir e-KTP/Resi e-KTP/SIM/Passport dan KITAP/KITAS (khusus WNA) seluruh para ahli waris
  5. Asli Kartu Keluarga para Ahli Waris 
  6. Asli Akta Kelahiran (Ahli Waris dibawah umur/ belum memiliki e-KTP/Passport)
  7. Asli Surat Nikah
  8. Asli Surat Cerai (Jika bercerai)
  9. Asli Surat Kematian Nasabah
    Surat Keterangan dari Lurah diketahui sampai Kecamatan/Rumah Sakit/Catatan Sipil/Sertipikat Kematian yang di terbitkan oleh Kedubes/Konjen/Penetapan Pengadilan Negeri bahwa seseorang telah di anggap meninggal dunia. 
  10. Asli Surat Kuasa Akta Notaril/Surat Kuasa bawah tangan standard Bank legalisir Notaris/PPAT untuk KPR dan Surat Kuasa Standar Bank untuk KPM jika pengambilan dikuasakan

Melalui ATM CIMB Niaga

  1. Pilih menu “Pembayaran”
  2. Pilih “lanjut”
  3. Pilih “Fasilitas Umum”
  4. Pilih “Penerimaan Negara”
  5. Pilih “Penerimaan Negara”
  6. Masukkan kode Billing
     

Melalui OCTO Mobile

  1. Pilih menu “Tagihan dan Isi Ulang”
  2. Pilih “Tagihan”
  3. Pilih “Penerimaan Negara”
  4. Pilih “Pembayaran Penerimaan Negara”
  5. Masukkan kode Billing
     

Melalui OCTO Clicks

  1. Pilih menu “Pembayaran Tagihan”
  2. Pilih “Pembayaran Tagihan”
  3. Pilih “Pembayaran Penerimaan Negara”
  4. Pilih “Penerimaan Negara”
  5. Masukkan kode Billing
     

Melalui Market Place - Shopee

  1. Pilih menu “Pulsa, Tagihan & Tiket”
  2. Pilih “Penerimaan Negara”
  3. Pilih “Bayar PNBP (DJA) Lainnya”
  4. Masukkan kode Billing
     

Melalui Market Place - Tokopedia

  1. Pilih menu “Top Up & Tagihan”
  2. Cari “Layanan Pemerintah”
  3. Pilih “Penerimaan Negara”
  4. Masukkan kode Billing
     

Melalui Market Place - GoPay

  1. Pilih menu “Go Tagihan”
  2. Pilih “Layanan Pemerintah”
  3. Pilih “Paspor”
  4. Masukkan kode Billing

Efektif mulai tanggal 1 Juni 2022, PT Bank CIMB NIAGA, Tbk memberlakukan biaya keterlambatan pengambilan dokumen jaminan untuk fasilitas Pinjaman KPR Konvensional dan Syariah yang telah lunas diseluruh area PT Bank CIMB NIAGA, Tbk

Syarat dan Ketentuan

  • Berlaku untuk fasilitas Pinjaman KPR Konvensional dan Syariah yang telah lunas seluruhnya
  • Bank CIMB Niaga memberlakukan biaya penyimpanan sebesar Rp.80.000/bulan
  • Biaya dikenakan untuk dokumen jaminan yang tersimpan di Bank lebih dari 30 hari kalender sejak fasilitas KPR pinjaman/ pembiayaan lunas
  • Perhitungan dan pembayaran biaya penyimpanan dokumen jaminan dilakukan saat Nasabah melakukan pengambilan dokumen jaminan di Bank
  • Kebijakan sewaktu-waktu dapat disesuaikan mengikuti aturan area cabang masing-masing

Metode Pembayaran Charges

  • Setor Tunai Via Teller
    1. Datang ke Teller CIMB Niaga
    2. Isi Formulir Slip Setoran, isi nomor rekening yang telah diinformasikan oleh petugas bank
    3. Jika data telah sesuai maka transaksi akan diproses dan mendapatkan bukti bayar

  • Pendebetan Rekening Melalui Teller
    1. Datang ke Teller CIMB Niaga
    2. Isi Formulir Slip Setoran, isi nomer virtual account
    3. Serahkan kartu Debit ke Teller
    4. Setelah kartu dimasukkan ke mesin EDC oleh Teller, petugas akan meminta Anda untuk memasukkan PIN
    5. Tunggu proses transaksi
    6. Jika data telah sesuai maka transaksi akan diproses dan mendapatkan bukti bayar

  • Channel EDC Debit dan Credit (CIMB Niaga dan Non CIMB Niaga)
    1. Serahkan kartu debit/credit kepada petugas bank dan pastikan kartu tidak rusak
    2. Petugas bank memasukkan kartu kedalam mesin EDC untuk memulai transaksi
    3. Masukkan PIN kartu Debit/Credit pada mesin EDC sesuai instruksi petugas bank
    4. Mesin EDC akan melakukan verifikasi keabsahan kartu dan melakukan transfer dana sejumlah biaya charges yang dikenakan
    5. Setelah transaksi selesai, periksa kembali struk atau tanda bukti pembayaran yang keluar dari mesin EDC. Pastikan bahwa jumlah pembayaran dan rincian transaksi telah sesuai
  • Transfer Bank (Mobile Banking dan ATM)
    1. Transfer Bank Via Mobile Banking
      • Login ke aplikasi OCTO Mobile
      • Pilih menu “Transfer”
      • Pilih “Transfer ke Rekening CIMB Lainnya”
      • Masukkan nomer virtual account
      • Masukkan jumlah pembayaran sesuai tagihan
      • Pilih “Lanjut”
      • Pilih “konfirmasi’
      • Masukkan PIN OCTO Mobile Anda
      • Selesai
    2. Transfer Bank Via ATM
      • Masukkan kartu debit ke ATM CIMB Niaga
      • Masukkan 6 digit PIN ATM
      • Pilih menu “Transfer”
      • Pilih “Antar Rekening CIMB Niaga”
      • Masukkan jumlah pembayaran
      • Pada Rekening Tujuan, Masukkan nomer virtual account
      • Konfirmasi dan proses pembayaran
Lokasi Pengambilan Jaminan Cakupan Cabang / Pinjaman
Solo – Jl. Slamet Riyadi No.136 Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Cilacap, Kebumen, Magelang, Tegal, Pekalongan, Kudus, Semarang, Salatiga
Bandung – Jl. Buah Batu No.143 Bandung, Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon, Cianjur, Sumedang
Surabaya – Jl. Tunjungan No.47 Jawa Timur, Denpasar, Mataram, Kupang
Makassar – Jl. Jend Ahmad Yani No.33 Makassar, Kendari, Ambon, Jayapura, Kuala Kencana
Manado – Jl. Walanda Maramis No.137 Manado
Balikpapan – Jl. Jend Ahmad Yani No.83 Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin
Pontianak – Jl. Tanjungpura Pontianak
Medan – Jl. Bukit Barisan No.5 Banda Aceh, Lhokseumawe, Pematang Siantar, Rantau Prapat, Tebing Tinggi, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang
Batam – Jl. Laksamana Bintan Komplek Executive Center Blok I No.1 ABC Sei Panas Batam, Tanjung Pinang
Pekanbaru – Jl Jend. Sudirman No.255 C-D Pekanbaru, Padang, Dumai
Jakarta – Griya CIMB Niaga 2 Lt. 2 Jl. Wahid Hasyim Blok B4 No.3, Bintaro Jaya Sektor VII, Tangerang Jabodetabek, Cilegon, Lampung

Catatan: Untuk kemudahan proses pengambilan jaminan, Nasabah dapat menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 untuk membuat janji atau jadwal pengambilan melalui staff kami di Layanan CIMB Niaga 14041 (tekan No. Operator).

Dapatkan Dana tunai untuk berbagai kebutuhan
Dengan menjaminkan kembali properti Anda


Apply online lebih cepat !

Apply Now